Selamat Datang di Blog SMP Negeri 23 Muaro Jambi Jln. Petaling Km. 13 Sungai Gelam

Jumat, 31 Maret 2023

SMP Negeri 23 Muaro Jambi Mengaji



    Pesantren Rmadhan merupakan program unggulan sekolah yang sudah berlansung sejak lama dan hingga kini masih berlangsung baik pada tingkat SD/MI/ sederajat, SMP/MTS/sederajat dan SMA/SLTA/sederajat yang dilaksanakan pada tiap-tiap bulan suci Ramadhan atau bula puasa. Demikian pula halnya SMP Negeri 23 Muaro Jambi-Provinsi Jambi pada Ramadhan 1444 H tahun ini bertepatan dengan Maret 2023 juga ikut melaksanakan program yang dimaksud. Hal ini sesuai dengan surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi nomor : 420/367/sekretariat/Disdikbud/2023 tertanggal 20 maret 2023 perihal : Ujian dan Kegiatan bulan Ramadhan tahun 2022/2023 yang salah satu poin suratnya adalah Program Sekolah Mengaji.
     Alhamdulillah pelaksaan program sekolah mengaji atau tadarus Al-Qur'an tahun ini yang dilaksanakn di SMP Negeri 23 Muaro Jambi berjalan lancar dan penuh hidmat walau pun para siswa sedang dalam keadaan berpuasa, namun tidak mengurangi semangat mereka dalam mengikuti kegiatan tersebut. Ada pun teknik pelaksanaannya siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Putra dan kelompok Putri dan masing-masing kelompok mendapat tugas 15 Juz  sehingga hanya dalam waktu 2 hari Al-Qur'an  30 juz tersebut Khatam dibaca oleh siswa.

                       
    Sementara itu jumlah siswa muslim tahun ini yang mengikuti kegiatan tadarusan tersebut sebanyak 215 orang siswa yang terdiri dari 75 orang siswa laki-laki dan 140 orang siswa Perempuan. Dari jumlah tersebut setelah didata ternyata ada sebanyak 8 orang siswa belum bisa membaca Al-Qur'an sama sekali alias masih buta aksara arab yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 3 oarang siswa Perempuan, kemudian sebanyak 45 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 35 orang siswa perempuan belum lancara dalam membaca. Tentu saja hal ini merupakan sebuah dilema yang menjadi tugas dan tanggungjawab bersama antara orangtua, guru serta pihak terkait. Semoga saja program sekolah mengaji di tahun yang akan datang akan menjadi lebih semangat lagi dengan melibatkan dan didukung oleh seluruh komponen yang ada di sekolah baik guru maupun staf .

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar